Pages

Subscribe:

Ads 468x60px

Tips Membesarkan Anak Sulung

Cara membesarkan anak sebenarnya bisa lebih mudah ketika Anda mengetahui karakternya. Salah satu cara mengetahui bagaimana karakternya ialah dengan melihat urutan lahirnya. Berikut ini beberapa tips membesarkan anak sulung yang perlu Anda ketahui:

Tidak ada yang sempurna
Apakah Anda tipe orangtua yang menginginkan anak sulungnya selalu melakukan hal yang terbaik karena menjadi panutan adik-adiknya? Mulai saat ini cobalah untuk menahan keinginan Anda.
Anak sulung sudah membebani dirinya sendiri dengan keinginan untuk selalu menjadi yang terbaik. Tugas orangtua hanya memastikan keinginannya tercapai dan tidak frustasi ketika anak sulung
kecewa. Jelaskan pada anak sulung bahwa tidak ada yang sempurna sehingga tidak apa-apa untuk mengalami kegagalan. Asalkan jadikan kegagalan tersebut dijadikan pelajaran agar menjadi labih baik.

Luangkan waktu bersama anak sulung
Anak sulung pasti menyukai dan merindukan masa-masa di mana hanya ada orangtua dan ia seroang. Luangkanlah waktu bersama anak sulung Anda. Jangan sampai anak sulung merasa tersisih karena kehadiran adiknya.

Pentingnya kesabaran
Anak sulung cenderung bersikap memerintah atau bossy. Redam sikap memerintah anak sulung dengan mengajarkannya untuk lebih sabar dan memahami.

Bersikap adil
Anak sulung bukan berarti Anda memberikan tugas lebih banyak pada mereka. Bagilah tugas dengan adil dengan adik-adiknya. Begitupun dengan perhatian dan kasih sayang, harus diberikan secara adil.

Membesarkan anak sulung ataupun anak tengah, bahkan bungsu akan lebih baik jika dilandasi sikap adil. Jangan memberikan perhatikan dan kasih sayang berbeda-beda. Ingatlah, setiap anak memiliki keistimewaan masing-masing.

4 komentar:

  1. kadang2 bersikap adil tu susah x..
    nice info..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tapi kita harus bisa kelihatan adil agar anak tidak merasa ada yang disisihkan

      Delete
  2. Tambah ilmu nhee,,,sulung maunya menang

    ReplyDelete