Pages

Subscribe:

Ads 468x60px

Saat Bayi Alergi Susu Sapi


ASI selalu menjadi makanan terbaik bagi bayi. Ketika pemberian ASI tidak memungkinkan, pilihan akan jatuh pada susu formula yang terbuat dari susu sapi. Namun apa yang harus Anda lakukan jika bayi alergi susu sapi?

Gejala bayi alergi susu sapi biasanya ditandai mencret, muntah, sembelit, buang air besar berlendir dan berdarah. Terkadang disertai batuk pilek dan paling parah kemunculan syok anafilaksis.

Langkah awal untuk melakukan pencegahan alergi ialah dengan menghentikan pemberian susu formula yang terbuat dari susu sapi. Hindari pemberian susu sapi dua hingga empat minggu. Lalu coba berikan kembali, jika reaksi yang muncul sama, maka bayi dipastikan terkena alergi susu sapi.

Jika bayi mengalami alergi susu sapi, maka ada dua jenis susu khusus yang bisa diberikan.Pertama, susu formula protein hodrolisat ekstensif, kedua, susu formula asam amino. Bagi bayi di bawah usia enam bulan, di mana makanan utamanya susu dan sang ibu sulit memberikan ASI, maka mau tidak mau harus menggunakan susu khusus tersebut.

Susu formula protein hidrolisat ekstensif merupakan jenis susu yang mengalami proses pemecahan protein. Ada beberapa protein yang menyebabkan alergi lalu dipisahkan agar tidak terkonsumsi bayi. Sedangkan susu formula asam amino, merupakan produk susu yang sudah mengalami proses lebih panjang lagi.

Asam amino dalam susu sapi merupakan kandungan yang benar-benar berguna bagi tubuh bayi. Hal inilah menjadi alasan mengapa susu berbahan dasar asam amino yang mengandundung protein dibuat. Susu formula asam amino memang lebih baik untuk dikonsumsi bayi dan rasanya pun lebih enak dibandingkan susu formula protein hidrolisat ekstensif. Namun harga susu formula asam amino memang lebih mahal.

Bayi alergi susu sapi umumnya diatasi dengan cara menjauhkan penderita dari alergen atau bahan-bahan pemicu alergi. Dalam artian, bayi yang menderita alergi susu sapi sebaiknya jauhkan dari makanan berbahan susu sapi. Alergi susu sapi pun umumnya akan hilang ketika anak menginjak usia satu tahun ke atas atau 15 tahun.

Segera konsultasikan ke dokter untuk memastikan bayi alergi susu sapi atau tidak. Lakukan beberapa langkah yang diberikan dokter untuk menjaga kesehatan bayi.

2 komentar: